Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Baterai Hp Boros dan Solusinya

Penyebab Baterai Hp Boros dan Solusinya

HP selalu membutuhkan energi untuk melakukan segala aktivitas di dalamnya. Kehabisan baterai dapat membuat seseorang dua kali lebih emosional daripada kehilangan sejumlah uang. Lalu apa saja penyebab baterai hp menjadi boros dan bagaimana cara yang paling tepat untuk mengatasinya. Berikut ini telah dirangkum beberapa masalah penyebab baterai ponsel boros dan solusinya.

1. Kerusakan pada Pengisi Daya

 Penyebab baterai hp boros dan solusi pertama, bisa disebabkan oleh kerusakan pada charger. Proses charging yang memakan waktu lama dan hanya mengisi beberapa persen menjadi salah satu ciri kerusakan baterai. Akan lebih baik jika Anda segera mengganti charger lama dengan charger baru. Pastikan output daya pada charger sebanding dengan input daya yang masuk ke baterai.

2. Suhu Ekstrem Di Sekitar Hp

Penyebab selanjutnya dari baterai ponsel boros adalah suhu yang ekstrim. Sama halnya dengan bodi, ponsel juga beradaptasi. Pada suhu dingin atau suhu yang terlalu panas.

Baterai akan bekerja sangat keras, hal inilah yang menyebabkan baterai ponsel menjadi boros dan solusinya bisa diakali dengan mengurangi penggunaan ponsel. Selain itu, juga dapat mengaktifkan mode daya rendah. Yang tentunya akan membantu mengatasi panas pada hp, juga bisa menghemat baterai.

3. Penggunaan ponsel yang tidak tepat

Sebagian besar pengguna ponsel selalu menggunakan ponsel mereka selama berjam-jam berturut-turut. Padahal, penggunaan seperti itu menjadi penyebab borosnya baterai ponsel. Ponsel memiliki batas penggunaan sendiri. Penggunaan seperti itulah yang membuat baterai mudah rusak. Pasalnya, saat masa istirahat, pengguna selalu melakukan korupsi dengan melakukan charging saat memainkannya. Tentu akan berdampak pada baterai.

Untuk mengatasi penggunaan yang tidak wajar ini, bisa diatasi dengan menyediakan hp cadangan agar hp lain bisa di charge. Jika tidak ada hp cadangan, ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan sambil mengisi baterai, seperti menonton tv, membaca buku dan berbagai aktivitas lainnya.

4. Instalasi Aplikasi Penghemat Baterai

Penyebab baterai hp boros selanjutnya adalah penggunaan aplikasi yang salah. Perkembangan teknologi juga memberikan dampak positif, salah satunya adalah berkembangnya aplikasi di ponsel. Aplikasi penghemat baterai sudah sangat umum, baik untuk android maupun untuk ios.

jika anda sudah menginstal aplikasi penghemat baterai tapi masih sama, maka sebaiknya anda menginstal aplikasi serupa. Namun dengan jaminan yang lebih nyata. Cara installnya juga mudah, bisa di download melalui play store. Selain mudah diunduh, aplikasi penghemat baterai juga gratis, jadi jangan khawatir nanti akan dicharge.

5. Kecerahan Berlebihan

Tujuan mengatur kecerahan adalah untuk memberi pengguna kesempatan untuk menyalakan cahaya yang dibutuhkan. Kebutuhan cahaya di dalam ruangan dan di luar ruangan sangat berbeda. Berada di dalam ruangan, tidak membutuhkan cahaya yang terlalu terang. Jadi tidak perlu memaksimalkan kecerahan.

Sebagian besar pengguna ponsel tidak mengaktifkan fitur auto brightness. Jadi kecerahan yang terjadi adalah penyebab baterai ponsel boros dan solusinya bisa dengan mengaktifkan fitur kecerahan otomatis.

6. Pengisian Tidak Sehat

Persentase pada handphone berfungsi untuk menentukan besarnya daya yang masuk, bila sudah mencapai seratus persen maka segera cabut charger yang terpasang. Kesalahan yang sering dilakukan pengguna ponsel adalah membiarkan pengisian daya terus berlangsung, meskipun baterai sudah penuh.

Jika hal ini terus dilakukan akan meningkatkan kerusakan pada baterai ponsel. Solusi tepat yang bisa diterapkan adalah dengan melakukan charging yang cukup.

Selain pengisian daya yang terlalu lama, ada satu masalah lagi yang tanpa disadari mungkin akan semakin menguras baterai. Yaitu pengisian yang tidak mencapai seratus persen, kebanyakan yang mengalami hal ini adalah anak-anak. Tidak sabar menunggu baterai terisi penuh, sehingga mereka mencabutnya saat baterai tidak penuh.

Solusinya, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghindari penggunaan ponsel dengan daya kurang dari dua puluh persen. Dan selalu pastikan baterai terisi penuh hingga seratus persen.