Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menambah RAM HP Android

Tips Menambah RAM HP Android

Handphone merupakan salah satu barang elektronik yang paling sering digunakan oleh manusia. Selain bentuknya yang sederhana, fungsi HP juga menjadikan handphone sebagai kebutuhan dalam kehidupan sekarang ini. Setiap ponsel Android memiliki RAM yang berbeda dalam kapasitasnya. Namun, ada kalanya RAM HP penuh. Lalu, bisakah Anda menambahkan RAM ke ponsel Android Anda?

Saat ini, RAM ponsel Android dapat ditambahkan dengan berbagai cara. Tentunya cara ini sangat mudah dan tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Bahkan untuk menambah RAM di HP Android pun bisa dilakukan sendiri, tanpa harus ke konter HP. Berikut beberapa cara menambah RAM di HP Android dengan mudah, tanpa mengeluarkan uang.

1. Hapus Data Cache

Cara paling mudah untuk menambah RAM HP Android yang pertama adalah dengan membersihkan atau menghapus data yang ada di cache HP. Cache adalah sistem untuk menyimpan data di setiap aplikasi HP yang diunduh. Biasanya data yang tersimpan di cache ini mampu membuat RAM HP cepat penuh.

Perlu diingat, pilih aplikasi yang jika ingin menghapus data di cache. Namun, tidak apa-apa jika Anda ingin menghapus cache di semua aplikasi. Jika Anda hanya ingin menghapus cache di beberapa aplikasi juga diperbolehkan. Bisa disesuaikan dengan seberapa besar kapasitas RAM yang ingin ditambahkan. Dan bisa disesuaikan dengan fungsi aplikasi.

Untuk menghapus cache pada aplikasi ini sangat sangat mudah. Hanya dengan membuka setting atau setting yang sudah tersedia di setiap HP. Kemudian pilih penyimpanan atau storage dan klik data. Setelah itu, pilih saja aplikasi yang ingin Anda hapus cachenya. Tentu saja ini sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan biaya.

2. Uninstall Aplikasi Default HP

Saat membeli ponsel baru, biasanya banyak aplikasi bawaan yang terpasang di ponsel. Pentingnya fungsi aplikasi bawaan pada ponsel tentunya berbeda-beda dan juga tergantung siapa yang menggunakannya. Namun perlu diketahui bahwa aplikasi bawaan pada ponsel mampu memakan banyak RAM. Hal ini tentunya bisa membuat RAM HP Android lebih cepat penuh.

Untuk bisa menambah RAM HP Android maka perlu untuk menghapus atau uninstall aplikasi bawaan HP. Apa saja aplikasi bawaan yang perlu dihapus? Jawabannya tentu tergantung masing-masing pengguna karena kebutuhan aplikasi berbeda-beda. Sebelum menghapus atau menguninstall aplikasi bawaan HP, pilihlah aplikasi yang tidak digunakan atau jarang digunakan.

3. Hapus Aplikasi yang Diunduh

Jika sebelumnya Anda menghapus aplikasi bawaan ponsel, kali ini untuk menambah RAM pada ponsel Android Anda, Anda bisa menghapus aplikasi yang diunduh. Tentunya sebagai pengguna HP pasti tahu aplikasi download mana yang sering digunakan dan mana yang jarang atau tidak pernah sama sekali. Oleh karena itu, hapus beberapa aplikasi yang diunduh untuk dapat menambah RAM.

Tidak hanya bisa menguras kapasitas RAM pada ponsel, download aplikasi yang jarang digunakan juga bisa membuat baterai ponsel cepat habis. Karena itu, pilih aplikasi yang diunduh untuk dihapus untuk menambah RAM. Cara ketiga ini sangat mudah dilakukan dan juga gratis karena tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

4. Nonaktifkan Aplikasi

Jika Anda tidak ingin menghapus aplikasi yang diunduh atau default karena semuanya masuk ke aplikasi penting. Cara keempat ini sangat cocok untuk dipilih. Tanpa menghapus aplikasi, RAM HP dapat dengan mudah ditambahkan dengan menonaktifkan aplikasi. Menonaktifkan aplikasi adalah menonaktifkan aplikasi untuk sementara.

Metode ini dapat diterapkan pada aplikasi bawaan dan aplikasi yang diunduh. Ini bersifat sementara, jadi jika aplikasi dibutuhkan lagi, bisa langsung diaktifkan kembali. Namun perlu hati-hati, semua aplikasi memang bisa di-disable, tapi jangan di-disable aplikasi yang berhubungan dengan sistem Android. Jika hal ini dilakukan, maka akan berdampak negatif pada HP.