Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menghapus Virus Malware di Android

Tips Menghapus Virus Malware di Android

Pernahkah Anda mengalami smartphone dengan performa yang terus menurun? Baterai cepat habis? Atau mungkin android sering hang? Kemungkinan itu pertanda bahwa Android telah terinfeksi virus malware. Malware ini harus segera dihapus atau jika perlu dicegah agar tidak semakin parah. Berikut cara menghilangkan virus malware di Android yang bisa Anda coba.

Cara Menghapus Virus Malware di Android Menggunakan Antivirus

Cara menghilangkan virus malware di Android bisa mengandalkan aplikasi antivirus terbaik versi hpvivo.com. Pastikan untuk memilih antivirus yang akan diinstal pada smartphone yang memiliki daya yang andal dan andal. Kami memiliki beberapa rekomendasi antivirus andal yang dapat Anda coba instal antara lain:

• Antivirus AVG. Antivirus ini bahkan lebih efektif membasmi virus malware di PC dan laptop. Namun kini pengguna android dapat dengan mudah mendownloadnya secara gratis. Cara kerja keamanannya juga tidak kalah dengan AVG untuk versi PC.

• Keamanan 360, juga bisa menjadi salah satu pilihan antivirus terbaik. Selain melindungi, antivirus ini juga mampu mencegah munculnya virus baru yang mungkin menginfeksi. Kemampuan lain yang dapat meningkatkan kinerja android Anda.

• Clean master juga bisa menjadi antivirus andalan untuk melindungi android. Cara kerja aplikasi ini adalah untuk mencegah, melindungi, dan membersihkan virus malware yang menginfeksi Android.

• Master keamanan yang juga bisa didapatkan secara gratis. Antivirus ini sangat efektif untuk melindungi Android dari serangan virus malware dan sangat mudah untuk diterapkan.

Itulah beberapa rekomendasi antivirus handal yang bisa melindungi Android dari virus malware. Namun, masih banyak pengguna Android yang lalai memasang antivirus di smartphone mereka. Padahal virus malware ini bisa menginfeksi merek Android apa saja, dan kapan saja, oleh karena itu semua pengguna Android harus selalu waspada.

Cara Menghapus Virus Malware Di Android Dengan Masuk ke Safe Mode

Ada cara lain untuk menghapus virus malware yang menginfeksi Android, yaitu dengan masuk ke safe mode. Salah satu hal yang terjadi jika Android terkena virus malware adalah kualitas kinerjanya menurun. Cara mengembalikannya bisa dengan menggunakan cara ini. Berikut cara menghapus virus malware dengan masuk ke safe mode:

• Restart ponsel dengan menekan tombol power lama. Kemudian tab "matikan" akan muncul di layar.

• Tekan lama tab "matikan".

• Sebuah pop up akan muncul untuk mengkonfirmasi jika Anda setuju untuk reboot ke safe mode.

• Setelah ikon “Safe Mode” muncul, pilih saja OK.

• Bisa juga kondisi dimana Android tidak bisa masuk safe mode karena virus malware telah menginfeksinya. Lakukan hard reset dengan melepas baterai. Anda juga dapat melakukan booting dengan menekan tombol vol up + down secara bersamaan. Ada banyak cara tergantung masing-masing jenis android.

• Setelah masuk safe mode, buka menu setting lalu pilih apps dan download. Di sana Anda akan melihat aplikasi apa saja yang terkena virus malware. Untuk mengetahui aplikasi mana yang terpengaruh oleh malware, coba periksa aplikasi asing yang sebenarnya belum diunduh tetapi ada dalam daftar. Itu sebenarnya virus malware.

• Setelah itu, Anda bisa langsung meng-uninstall malware tersebut.

Cara Menghapus Virus Malware Di Android Menggunakan Fitur Keamanan Smartphone

Selain 2 cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada cara lain yang lebih praktis. Namun, cara ini hanya bisa digunakan oleh jenis smartphone tertentu. Apalagi untuk tipe android yang sudah dilengkapi dengan aplikasi keamanan khusus oleh developernya. Misalnya pada pengguna smartphone Asus dan Xiaomi.

Pengguna dua merk android ini sepertinya sudah bisa sedikit tenang karena keamanan androidnya sudah terjamin. Di kedua tipe Android tersebut, pihak pengembang telah menyematkan antivirus khusus dengan berbagai nama. Ada yang menyebutnya sebagai aplikasi Security atau Mobile Manager. Karena ini adalah antivirus bawaan untuk smartphone Android, maka jangan ditanya khasiatnya. Aplikasi antivirus bawaan ini sangat efektif dalam memindai dan menghapus malware yang menginfeksi Android secara bersamaan.