Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kualitas Mantap Spesifikasi Fitur HP Vivo Y17

Kualitas Mantap Spesifikasi Fitur HP Vivo Y17

Ya, bagi saya pribadi, kapasitas baterai itubiasanya menjadi salah satu pertimbangansaat mau membeli smartphoneterlepas dari spesifikasi dan desainnya.Alasannya karena baterai itu 'kan menjadi salah satu faktoryang mempengaruhi seberapa lama sih kita memakai smartphone untuk beraktifitas.Nah, tak ada angin tak ada hujandan tak ada iklan, belum lama iniVivo merilis smartphone seri-Y terbarunya.Yang jualannya di baterai jumbo.Dan ada beberapa spesifikasi yang menurut saya"kok sepertinya cukup menarik ya?" untuk smartphone dengan hargaRp 3 juta. Kira-kira sebuas apa sih battery-life nya? Dan apakah sebanding dengan performanya?

LAYAR VIVO Y17

Oke, dimulai dari sektor yang tidak bisa lepas dari pandangansaat pertama kali memakai smartphone-nyayaitu layarnya.Ya, Vivo Y17 ini dibekali layar yang cukup jumbo ya, 6.35"dan dibekali resolusi HD+.Kenapa tidak dikasih Full HD saja sekalian?Layar besar tapi resolusinya kecilakan berpengaruh pada kerapatan piksel yang rendah juga.Awalnya saya berpikir seperti itu jugatapi setelah saya memakai Vivo Y17 ini sekitar 1-2 hari pertamasaya merasa, "ini tone warna layarnya asik juga ya?!" dan membuat saya lupa kalau resolusinya cuma HD+.Malah tidak kelihatan kalau ini resolusi HD+kecuali kalau melihatnya dari jarak sangat dekatatau melihatnya memakai mikroskop.

Nah, daripada meributkan resolusinya yang cuma HD+di sini saya malah concern dengan ketidak mampuan Vivo Y17untuk menampilkan resolusi High Definition atau HDsaat dipakai untuk menonton film-film streaming langganancontohnya seperti di Netflix, ya memang, saat di-cekVivo Y17 ini hanya punya sertifikasi Widevine DRM di Level 3. Jadi, agar bisa support High Definition itu harus Level 1 ya. Dan dengan layar sebesar ini, serta menampilkan resolusi di bawah 720ptampilannya agak terasa agak pecah dan kurang puaslah.Tapi tenang saja, kalau untuk sekedar menonton YouTubeitu semua tidak ada hubungannya dengan sertivikasi Widevine DRM.Jadi, tetap memakai resolusi maksimal layarnya, yaitu 720p. Oh ya, selain itu, ada beberapa alasan lainkenapa sebaiknya Vivo Y17 ini memakai layar resolusi HD+. Tapi bakal saya jelaskan di segmen berikutnya. Jadi, simak artikel ini sampai habis ya!

DESAIN BODI VIVO Y17

BTW, smartphone ini kalau terkena pantulan cahayawarna biru-nya bakal terlihat sangat gonjreg. Nah, meskipun masih pakai plastikmenurut saya build quality-nya masih cukup solid loh! Ditambah grip-nya juga enakmeskipun bagi kamu yang suka gasrak memakai smartphonelapisan ini agak mudah tergores ya! Jadi, supaya aman, sebaiknya langsung pasang jelly case bawaannya saja. Next, ke sisi bawah bodi danTeng Tong! Port-nya masih microUSB.Redmi Note 7 saja yang harganya Rp 1.99 jutaport-nya sudah USB Type-C.Tapi ini?Beda harga Rp 1 juta lebih mahalport USB-nya masih microUSB.

Ya, saya paham keresahan ini dan ini bakal menjadi pembahasan lagi.Port USB Type-C sudah seharusnya diadopsi masaluntuk smartphone zaman nowmengingat fleksibilitasnya yang lebih baik.Oke, mungkin itu saja yang kentang alias nanggungdari Vivo Y17.Di luar itu, saya menemukan beberapa halyang membuat Vivo Y17 ini rasanya kok menarik sekali yadan tak ada lawan di harga Rp 3 juta kembali Rp 1 ribu.

BATERAI VIVO Y17

Pertama dan yang sudah di-highlight sejak dari box-nyayaitu kapasitas baterai.Jarang-jarang ya, Vivo menciptakan smartphonedengan baterai 5000 mAh.Kebanyakan maksimal di 4000 mAh saja.Ya, memang sih, baterai 5000 mAh itubukanlah hal yang baru di smartphone.Sebelumnya, saya sudah pernah coba di ASUS Zenfone Max Pro M1dan penerusnya, ASUS Zenfone Max Pro M2. Sejujurnya, mereview baterai dengan 5000 mAh ini agak capek ya?! Karena rasanya tidak habis-habis dayanyapadahal sudah dipakai untuk banyak halseperti menonton film, main game, YouTube sampai bosanscroll-scroll timeline sosial media, foto-foto atau merekam videosampai smartphone-nya hangat.

CHIPSET VIVO Y17

Lalu dari segi chipset-nya.Ya, Vivo Y17 ini diotaki dengan dapur pacuHelio P35.Secara konfigurasi, chipset ini sangat mirip dengan Snapdragon 625 ya.Sama-sama 8-core, sama-sama pakai Cortex A53.Yang berbeda cuma clockspeed-nya.Vivo Y17 ini lebih tinggi, di 2.3 GHzdan arsitektur-nya juga lebih modern, atau lebih kecil jugayaitu di 12nm.Sudah arsitektur-nya kecil, lalu semua memakai Cortex A53jadi, semakin hemat lagi konsumsi baterai-nya.Tapi karena typical chipset-nya ini low-power karena memakai Cortex A53 semuatentu Vivo Y17 ini tidak se-ngebut smartphone lainyang chipset-nya sudah memakai custom coreseperti Helio P60 atau Snapdragon 636 ke atas.

KAMERA VIVO Y17

Kameranya.Di lihat dari luar saja, triple camera ini seksi juga yauntuk smartphone seharga Rp 3 juta.Yang biasanya cuma 2, kali ini ada tambahan 1 lensayaitu kamera 8MP yang bisa mengambil foto Ultra-Wide angle.Menemani kamera utama 13MP dan 2MP untuk depth sensor.Saat mencobanya, kamera utamanya inipunya typical warna natural, karena saya baru sadarkalau di mode Normal, saya tidak menemukan fitur AI di sini. Jadi ya, warna fotonya apa adanya sajatidak ada aksen gonjreng supaya tone-nya lebih pop up.

PENGECASAN BATERAI VIVO Y17

Oke, kembali lagi ke baterai-nya ya.Kapasitas 5000 mAh bisa dibilang bukan angka yang kecil.Smartphone dengan baterai 5000 mAh biasanya menghabiskan waktuberjam-jam untuk mengisi daya dari 0%-100% dengan charger biasa. Nah, Vivo Y17 ini ternyata tidak cuma jualan baterai besar sajaadapter bawaannya memang sudah dirancang bisa untuk mengisi daya dengan cepatlewat dual engine fast chargingyang sebelumnya cuma ada di Vivo seri-V. Dengan output hingga 18W, mengisi daya baterai Vivo Y17 inidari 10% sampai terisi setengahnya atau 50%butuh waktu 41 menit. 1 jam pertama, baterainya terisi 67%1.5 jam proses charging, baterai Vivo Y17 inisudah terisi 90%.

Dan sampai benar-benar penuh 100%, waktu charging yang dibutuhkanyaitu 2 jam 14 menit. Waktu 2 jam kedengarannya lama ya? Tapi ya kembali lagi, ini 5000 mAh loh! Baterai sebesar ini biasanya butuh waktu pengisian daya itusekitar 2.5 jam atau bahkan hampir 3 jamkalau pakai charger standar 10W. Oke, jadi kesimpulannya Vivo Y17 ini lebih cocok untuk siapa ya?Kalau Kalian mencari smartphone tapi patokannyaskor Antutu harus tinggi, layarnya harus Full HDdan USB-nya harus USB Type-Csaran saya, segera hapus smartphone ini.dari daftar.